lebong  

BUMDes ”Maju Bersama” Pungguk Pedaro Targetkan Kelola Usaha SPBU

PEWARTA : RUDHY M FADHEL

PORTAL LEBONG – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pungguk Pedaro menargetkan/bercita-cita miliki usaha Station Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hal ini dimulai dengan adanya unit usaha jasa pengisian bahan bakar minyak berupa Pertalite dan Pertamax. Dengan memanfaatkan satu unit dishfenser yang memiliki dua selang blender pengisian bahan bakar.

BUMDes di bawah binaan Kades Pungguk Pedaro, Suardi Thabrani dikelola oleh Deri Leonando sebagai Ketua, Sekretaris yakni Fitri dan Bendahara, Nurlia. Bukan hanya mengelola unit usaha jasa pengisian bahan bakar saja, juga mengelola jasa pengisian air minum isi ulang dan jasa pencucian kendaraan bermotor.

Diwawancarai awak media, Suardi Thabrani menyampaikan bahwa dengan usaha yang dilakukan oleh BUMDes Maju Bersama Desa Pungguk Pedaro kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong ini kedepannya diharapkan mampu untuk menyerap tenaga kerja khususnya masyarakat desa pungguk pedaro.

“Saya optimis jika pengurus BUMDes bersungguh-sungguh dalam mengelola usaha yang ada ini. Maka cita-cita untuk memiliki usaha SPBU bukanlah mimpi disiang bolong. Setidak tidaknya kami sudah memulai , untuk mencapai apa yang dicita citakan,” ungkapnya.

Sementara Tenaga Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi Desa, Emis Tuatanasay didampingi oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Mayarakat Desa, Aziz Zulhakim dan Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Nazarudin menyampaikan.

”BUMDes Maju Bersama Desa Pungguk Pedaro ini sepertinya sudah siap menjadi pilar ekonomi desa. Ini adalah implementasi dari Undang-undang Desa Tahun 2014 melalui program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Mendorong hadirnya BUMDes sebagai pilar ekonomi desa. Pembentukanoleh pemerintah desa dimaksud untuk mendayagunakan segala potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian , serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” paparnya.

Ditambahkannya.

”Saat ini desa dihadapkan pada pertarungan dengan corporation modal besar. BUMDes adalah salah satu jawaban untuk melakukan perlawanan dalam upaya mengembalikan kedaulatan desa. Mendirikan BUMDes bukan hanya sekedar secara kelembagaan ada dan terbentuk, melainkan lebih dari itu sebagaimana organisasi BUMDes dapat menggerakkan laju perekonomian desa. Dengan perkataan lain BUMDes dapat menjadi pilar perekonomian desa,” imbuhnya.

BUMDes Maju Bersama yang didirikan melalui Perdes Nomor : 05 tahun 2017, Telah melakukan beberapa upaya guna mewujudkan sebagai pilar ekonomi desa. Dianataranya melalui APBDes 2018, Pemerintah Desa Pungguk Pedaro merealisasikan kebutuhan unit usaha BUMDes seperti pengadaan alat pertanian, power treser, mesin kemurnian air mineral , mesin cuci kendaraan ( Steam unit) dan unit pengisisan bahan bakar minyak ( Disfenser ).

Hingga saat ini telah berdiri beberapa unit usaha antara lain :

  1. Jasa isi ulang air mineral
  2. Pengisian bahan bakar kendaraan
  3. Jasa sewa alat pertanian

”Dengan telah berdirinya beberapa unit usaha di atas diharapkan mampu membangun kelembagaan yang kuat dan mandiri. Sehingga akan mampu mengembangkan usahanya, baik dalam skala yang lebih besar maupun unit usaha di bidang lainnya. Pengembangan usaha BUMDes ini selanjutnya membutuhkan sinergisitas dari organ utama BUMDes, yaitu penasehat (exs officio kepala desa), Badan pengawas BUMDes dan dukungan yang kuat dari seluruh warga masyarakat Desa Pungguk pedaro. Selain itu juga dibutuhklan pendampingan yang intensive dan terukur dari team tenaga pendamping profesional P3MD,” pungkasnya.(adv)

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *