lebong  

Tingkatkan Kapasitas dan Peran Pelaku Program Pamsimas III, Digelar Pelatihan!

PEWARTA : RUDHY M FADHEL

PORTAL LEBONG – Dalam Rangka peningkatan kapasitas pelaku Program Pamsimas III di tingkat desa, Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) Desa Sukasari, Kecamatan Lebong Selatan laksanakan pelatihan administrasi, keuangan dan SAM serta sanitasi program Pamsimas III tahun Anggaran 2019 bertempat di sekretariat.

Hadir dalam pelatihan tersebut segenap pengurus dan anggota KKM PAMSIMAS berserta unsur perangkat desa, BPD, ketua Satlak dan anggota tim pengadaan barang dan jasa serta kades AMPL.

Dalam Pemaparannya Kordinator Pamsimas Kabupaten, Lebong Yose Rizal melalui Kordinator Tehnik, Agung menyampaikan bahwa.

”Pembiayaan Pamsimas dilakukan melalui sharing program APBN, APBD dan APBDes serta masyarakat. Sedangkan untuk bantuan langsung masyarakat bersumber dari dana APBN dan APBD. Porsi Pembiayaan BLM per kabupaten sebesar maksimal 80% bersumber dari dana APBN dan minimal 20% dari dana APBD,” ungkapnya.

Ditambahkannya.

”Pogram Pamsimas adalah kelompok kesewadayaan yang terdiri dari anggota masyarakat yang dipilih secara demokratis, fartisifative, transparan, akuntabel, berbasis nilai dan kesetaraan gender, KKM berkedudukan di desa. Dan dicatatkan di notaris. Peran KKM dalam program Pamsimas adalah sebagai pengelola. Sedangkan untuk pelaksanaannya KKM membentuk satuan pelaksana program pamsimas,” pungkasnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *