lebong  

PT. PGE Hululais dan Poktan Geo Tani Makmur Gelar Panen Raya

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Sebagai langkah peduli akan lingkungan sosial sekitar perusahaan, PT PGE Proyek Hululais melaksanakan program Integrated Farming dengan melibatkan kelompok tani di sekitar ring 1 Wilayah Kerja Perusahaan (WKP). Salah satu kelompok tani yang dilibatkan dan dijadikan demplot adalah Poktan Geo Tani Makmur, Desa Danau Liang, Kecamatan Lebong Tengah. Dan pada hari ini dilaksanakan panen raya padi pada musim tanam ke-2 bertempat di Desa Danau Liang, Kamis (9/1/2020)..

Panen Raya kali ini dilakukan bersama dengan Kelompok Tani Geo Tani Makmur desa Danau Liang dan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, serta Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebong. Acara ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan yaitu Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Lebong, perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Lebong, BP3 Karang Anyar, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian Desa Danau Liang, serta Kepala Desa Danau Liang.

Senior Supervisor General Suporter (SSGS) PT. PGE Proyek Hululais, Anshoruddin, mewakili Project Manager, mengatakan bahwa Program Integrated Farming ini merupakan kerjasama dengan Flipmas wilayah Bengkulu dengan Poktan Geo Tani Makmur sebagai deplot. Dan, ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat khususnya sekitar perusahaan dan juga sebagai wujud dukungan kita terhadap program Kabupaten Lebong di sektor Pertanian terutama program tanam dua kali dalam setahun.

“Ini adalah panen raya kita kedua setelah sebelumnya juga kita lakukan di Kecamatan Lebong Selatan yaitu di Sawah Sam Kelurahan Mubai. Kita berharap demplot ini bisa menjadi contoh agar kedepan diikuti oleh Poktan yang lain sehingga program pemerintah Lebong terkait tanam dua kali akan berjalan sesuai harapan dan target. Kita pun kedepan akan terus meningkatkan program pemberdayaan masyarakat termasuk di sektor pertanian. Namun demikian karena PT. PGE Proyek Hululais masih tahap proyek maka kami masih menitik beratkan sasaran program ke wilayah sekitar perusahaan. Insya Allah jika kita sudah menjadi area, mungkin jangkauan bisa kita perluas,” ujarnya

Sementara Ketua Kelompok Tani Geo Tani Makmur, Razali, mengatakan kelompok tani ini berada di ring 1 PT. PGE Proyek Hululais, tepatnya berada di sekitar cluster D. Kelompok tani ini memiliki luas lahan kurang lebih 11,3 Hektar. Dengan bimbingan, binaan, dan bantuan dari PT. PGE Proyek Hululais beserta PPL desa Danau Liang membuat kami bersemangat khususnya dalam mendukung program pemerintah untuk tanam dua kali.

“Kami dari Poktan Geo Tani Makmur sangat berterimakasih kepada PT. PGE Proyek Hululais dengan melibatkan Poktan kami dalam program integrated farming, dan bahkan menjadikan Poktan kami sebagai deplot. Alhamdulillah hasil panen padinya sangat menggembirakan,”ucapnya..

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian & Perikanan Kabupaten Lebong, Emiwati, SE, M.Ak, dalam sambutannya menyampaikan.

”Apa yang dilakukan PT. PGE Proyek Hululais adalah sebuah wujud kepedulian dan komitmen kita bersama dalam mewujudkan program tanam dua kali di Kabupaten Lebong. Kedepan sinergitas ini akan kita tingkatkan lagi. Saya mengucapkan terimakasih kepada PT. PGE Proyek Hululais dan Poktan Geo Tani Makmur atas kolaborasinya selama ini, dan Alhamdulillah hasilnya apa yang kita lihat hari ini sangat memuaskan”,tegasnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *