Belasan Nama Warga Desa Talang Liak 1 Hilang dari Daftar Penerima BST

0
249

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Peristiwa menghebohkan terjadi di Desa Talang Liak 1, Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong. Pasalnya belasan nama warga yang selama ini tercantum dan terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai Kementerian Sosial Republik Indonesia (BST-Kemensos RI) tiba-tiba menghilang dari daftar sebagai penerima.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Daruslan Effendi yang juga adalah Kepala Desa Talang Liak 1 kepada awak media PortalBengkulu.com Biro Kabupaten Lebong pada Kamis Sore 15/04/2021.

“Belasan nama warga hilang dari daftar penerima Bantuan Sosial Tunai Kemensos RI yang biasa disalurklan melalui Kantor Pos,” ujar Daruslan Effendi.

Ditambahkan Daruslan Effendi bahwa dirinya sudah berkordianasi dengan TKSK Kecamatan Bingin Kuning, Yogi yang biasa mengkordinir kegiatan Bantuan Sosial Tunai (BST) ini. Berdasarkan info dari TKSK dimaksud penyebab menghilangnya belasan nama warga Talang Liak 1 dari dan sebagai penerima BST dikarenakan ada masalah pada Nomor Induk Keluarga (NIK) orang-orang yang hilang dan dihilangkan dari daftar penerima.

“Yang jadi pertanyaan kami dan warga mengapa selama ini tidak ada masalah terhadap NIK para penerima bantuan sosial tunai ini,” imbuh Daruslan Effendi.

Hingga berita ini ditayangkan baik petugas TKSK Kecamatan Bingin Kuning Yogi belum memberikan Jawaban atas komfirmasi yang dilakukan melalui pesan Whatshap oleh awak media ini.

Sementara Kepala Bidang Sosial Dinas Pemberdayaaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong, Yasir Hadibroto menyampaikan bahwa benar ada hal tersebut.

”Berdasarkan dan dengan sesuai informasi yang kita dapat melalui operator SIKNG bahwa memang masih terdapat setidaknya 50 % lagi KPM BST yang belum masuk di data bayar tahap 3 dan 4 yang beberapa hari lalu telah di salurkan melalui PT. POS Indonesia,” katanya.

Lain halnya Kepala Dinas PMD-Sos, Reko Haryanto S.Sos, M.Si membenarkan adanya peristiwa menghilangnya sejumlah nama warga dari daftar penerima BST-Kemensos RI.

“Informasi itu benar pak. Nanti saya akan minta Bidang Sosial dan Operatonya untuk memberikan penjelasan terkait hal tersebut,” tutup Reko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here