Gandeng Disparpora Lebong, Askab PSSI Akan Gelar Kursus Wasit Sepakbola

0
297

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) Kabupaten Lebong bersinergi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lebong akan menggelar kursus wasit sepakbola C3 dalam waktu dekat ini.

Ketua Askab PSSI Lebong, Gunawan, mengatakan, pelaksanaan kegiatan itu bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora). Dia mengaku, kursus tersebut sangat penting dilakukan. Mengingat, Lebong sangat membutuhkan wasit sepakbola yang handal dan berlisensi minimal C3.

“Saya pikir kita di Lebong sangat membutuhkan wasit yang berlisensi minimal C3. Hal ini sudah menjadi perhatian kami sejak awal diberi amanah menahkodai Askab PSSI Lebong setahun yang lalu. Sehingga kedepan meski tidak ada jaminan bahwa wasit yang bertugas di lapangan tidak melakukan kesalahan, tapi setidaknya setiap pertandingan resmi akan dipimpin wasit yang berlisensi,” ucap Gunawan.

Lebih lanjut, dijelaskan Gunawan, awalnya mereka mengajukan pelatihan wasit dan pelatih. Namun dalam realisasinya, hanya kursus bagi wasit saja yang bisa disetujui untuk tahap awal ini.

“Karena keterbatasan dana dalam melakukan peningkatan SDM khususnya wasit, maka kita sempat berdiskusi dengan disparpora agar kiranya program kursus/pelatihan wasit dapat diakomodir. Alhamdulillah saat ini Disparpora dapat membantu kita terkait persoalan itu,” jelas Gunawan didampingi Komite Wasit Askab PSSI Lebong Arjuni.

Ditambahkannya, nanti calon wasit akan direkrut merata dari berbagai kecamatan di Lebong. Setidaknya nanti akan ada 24 peserta yang akan mengikuti kursus wasit C3 tersebut. Adapun instruktur akan didatangkan dari Askab PSSI Lebong maupun Asprov PSSI Lebong. Dalam rekrutmen ini kita tentu akan mempertimbangkan mencari orang-orang yang juga peduli dengan kemajuan sepakbola Lebong bukan hanya di perjalanannya nanti semata mata melihat honor.

Terkait teknis kegiatan, beber dia, pihak Disparpora selaku pelaksana yang mengatur rencana pelatihan. Pihaknya hanya menyiapkan instruktur dan peserta.

“Sebelumnya disparpora sudah koordinasi dengan Askab PSSI Lebong. Kemungkinan Stadion GOR Terpusat Lebong Selatan akan dijadikan tempat praktek para peserta nantinya. Kami sangat berterimakasih dengan disparpora Lebong atas sinergitas ini,” tutup Gunawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here