Zaman Kopli Ansori-Fahrurrozi, Musrenbangcam Digelar Di Desa dan Berlangsung Komunikatif

0
611

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Pada Selasa (22/02/2022), Bupati dan Wakil Bupati Lebong Kopli Ansori-Fahrurrozi kembali menghadiri dan membuka serta menutup pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) di dua kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lebong.

Musrebangcam memiliki tujuan antara lain adalah agar terjadi singkronisasi perencanaan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa/kecamatan dengan pemerintah kabupaten. Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dengan tujuan membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang ada. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

Hal ini sebagaimana disampaikan Camat Lebong Sakti, Sabirin S.Sos dan hal senada juga disampaikan Camat Lebong Tengah, Hj. Gusmawati, SH, MH dalam laporannya yang disampaikan sesaat sebelum pembukaan pelaksanaan Musrenbangcam Lebong sakti dan Lebong Tengah oleh Bupati dan Wakil Bupati Lebong Kopli Ansori-Farurrozi di lokasi pelaksanaan di wilayah kecamatan masing-masing.

Dua kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Lebong Sakti dan berikutnya adalah Kecamatan Lebong Tengah. Berbeda dengan pelaksanaan musrenbangcam pada masa masa lalu dimana pelaksanaannya cenderung pasif dan jauh dari komunikatif yakni terjadi komunikasi hanya satu arah (monotoisme). Dan ironisnya pelaksanaan musrenbangcam seakan hanya sekedar seremonial belaka untuk dijadikan sebagai pelengkap harapan palsu alias (PHP) bagi masyarakat.

Hari ini, PHP itu terbantahkan dan komukasi satu arah pun tersingkir sudah, seremonial tinggal jadi kenangan. Terbantahnya hal ini dibuktikan saat pelaksanaan Musrenbangcam Lebong sakti yang dilaksanakan di halaman rumah kediaman dan dipusat pemukiman warga dan ditempat terbuka yang bisa diakses dan dilihat serta didengar langsung oleh semua lapisan masyarakat.

Tepat disebuah halama rumah warga Desa Tabeak Kauk Kecamatan Lebong Sakti, di lokasi ini seorang kepala desa dengan disaksikan oleh para warga dengan leluasa mencurahkan segala isi hatinya terkait kekecewaan dirinya yang merupakan refresentasi warga desa dimana dirinya menjadi kepala desa terhadap pelaksanaan Musrenbangcam selama ini yang disebut sebagai pelengkap harapan palsu (PHP).

Komunikasi berjalan seakan hangat bagaikan seorang anak menyampaikan keinginan dan meminta perhatian dari dan kepada orang tuanya. Sebagaimana dilakukan dan disampaikan Henra Gumaman, Kepala Desa Tabeak Dipoa yang mengeluhkan Minimnya perhatian dari pemerintah daerah sebelum ini atas berbagai usulan di dan melalui musrenbangcam jauh sebelum ini.

“Mulai dari tahun 2016 saya mengikuti Musrenbangcam hingga saat ini tahun 2022 tidak satupun usulan yang kami sampaikan diakomodir,” sebut Henra Gumaman dengan wajah penuh keseriusan.

”Beda dengan musrenbangcam sekarang yang langsung disampaikan dengan dihadiri serta langsung ditanggapi oleh Bupati dan Wakil Bupati atas berbagai Usulan kami, Sehingga kami merasa Optimis atas usulan yang ada untuk bisa diakomodir,” imbuhnya.

Sementara siang harinya hingga menjelang senja Musrenbangcam Lebong Tengah yang juga dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati berjalan seru penuh kehangatan. Dialog dan diskusi terjadi timbal balik (stereo dan balancing).

Betapa tidak di hadapan Wakil Bupati Fahrurrozi dan pejabat utama jajaran pemerintah daerah Kabupaten Lebong lainnya seorang warga dengan penuh keyakinan memberikan bantahan atas tudingan bahwa masyarakat desanya kurang memberikan dukungan terhadap rencana pembangunan di desanya.

“Saya ahli waris dari pemilik lokasi, dari sejak 4 tahun lalu dan 4 kali musrenbang kami menyampaikan kesiapan kami untuk menghibahkan lahan dan bangunan rumah orang tua kami demi pembangunan objek penting yang dibutuhkan masyarakat desa kami,” kata warga dimaksud. Dan apa yang disampaikan oleh warga tersebut diperkuat oleh keterangan pejabat sekretaris desa tempat berdomisilinya warga tersebut.

Diakhir pelaksanaan Wakil bupati Lebong Drs Fahrurrozi M.Pd yang diamanahkan oleh Bupati lebong Kopli Ansori untuk menutup pelaksanaan Musrenbangcam Lebong Tengah meminta OPD tertuju yang disebutkan oleh warga tersebut untuk menyikapi hal-hal yang berhubungan dengan apa yang disampaikan agar apa yang menjadi keinginan warga desa yang sudah memberikan hibah untuk pembangunan di desanya dapat diakomodir demi menuju masyarakat Lebong yang bahagia dan sejahtera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here