Belukar Penuhi Ruas Jalan Rimbo Pengadang-Topos, Ini Kata Kadis PUPR-Hub Lebong

0
672

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Ruas jalan milik Pemerintah Kabupaten Lebong sepanjang kurang lebih 21 kilometer dengan lebar hanya kurang lebih 3 meter yang membentang dari simpang Kelurahan Rimbo Pengadang, Kecamatan Rimbo Pengadang hingga desa terujung Kabupaten Lebong yakni Desa Tik Sirong, Kecamatan Topos kondisinya kini sangat memprihatinkan dan sangat membahayakan bagi pengguna jalan baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat atau lebih. Kondisi jalan dimaksud, selain dipenuhi semak belukar hingga ke badan jalan, juga di beberapa titik jalan tersebut aspalnya patah dan badan jalan turun hingga mencapai 50 sampai dengan 70 centimeter.

Sementara jalan tersebut adalah satu-satunya akses bagi warga Kecamatan Topos yang terdiri dari delapan (8) desa dan satu kelurahan dalam berbagai hal baik untuk urusan administarsi pemerintahan dan pendidikan bagi ribuan siswa peserta didik dari tingkat SD dan SMP maupun SMA/SMK sederajat. Dan tidak kalah pentingnya, Topos sebagai kecamatan yang paling dikenal dan disebut sebagai kecamatan sentra perkebunan penghasil kopi dan juga persawahan dengan menghasilkan padi. Akses jalan itu juga sangat dibutuhkan untuk mengangkut hasil bumi tersebut untuk perputaran perekonomian warga.

Camat Topos, Zerly SH membenarkan bahwa kondisi jalan dari dan menuju wilayah kecamatannya terdapat beberapa titik kondisi jalan yang patah dan mengakibatkan turunnya badan jalan, serta yang tidak kurang membahayakan para pengguna jalan adalah belukar yang berada di kiri kanan jalan sudah merambah hingga ke badan jalan.

“Dalen Keme yo Bititk, Nak kedau titik ade kulo de patiak ne dan Tecalup awei Superbol Motor Grastrack ne, Nam melupat dan tebang, Sudo o kideu kanen dalen bi ijai Imoo kulo. –Jalan kami ini sudah kecil, Di beberapa titik ada patah dan turun seperti Superbol Motor Grastrack bisa melompat dan terbang,” sebut Zerly dalam bahasa daerah Rejang.

Ditambahkan Zerly, dirinya meminta OPD dalam hal ini Dinas PUPR–Hub Lebong Bidang Bina Marga untuk dapat segera menyikapi kondisi tersebut sebelum timbul dan menimbulkan korban.

Dikomfirmasi terkait hal tersebut melalui seluler, Plt Kepala Dinas PUPR-Hub Lebong Joni Prawinata melalui Kepala Bidang Bina Marga, Haris Santoso menyebutkan bahwa pihaknya dalam waktu relatif singkat dan cepat, akan segera melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap kondisi jalan tersebut.

“Mungkin dalam dekat ini kami akan melakukan perawatan dan pemeliharaan ruas jalan dimaksud dianataranya dengan membersihkan kiri kanan badan jalan untuk mengantisifasi terjadinya penyempitan badan jalan serta menghindari terjadi kecelakaan akibat hal tersebut,” kata Haris Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here