Sukseskan Program MT 2, ExtraGen Pupuk Hayati Cair Hadir di Lebong

0
365

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Menarik dan tingginya perhatian serta dukungan dari berbagai elemen masyarakat terhadap program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Lebong Kopli Ansori – Fahrurrozi mengajak dan menghimbau dengan melibatkan berbagai pihak baik pemerintah, organisasi masyarakat serta pihak swasta dalam melakukan berbagai upaya untuk dan dalam bentuk sosialisasi serta hal lainnya menuju masyarakat bahagia dan sejahtera dengan meningkatkan hasil produksi pertanian dan seterusnya terjadi peningkatan ekonomi/keuangan dengan melaksanakn turun tanam dua kali ( MT 2).

Sebagaimana diketahui bahwa masalah utama dalam pertanian adalah rendahnya kualitas biokimia tanah terkait ketersediaan bahan organik yang terbatas, adanya senyawa pencemar dalam tanah dan biodiversitas organisme tanah, serta tingginya serangan hama dan penyakit.

Penggunaan bahan kimia agro secara intensif pada jangka waktu yang lama dan dengan konsentrasi yang tinggi akan semakin menurunkan kualitas tanah pertanian, dan teriindikasikan terjadinya penurunan sifat biologi dan kimia tanah (Exploration and screening of microbial biofertilizer agents 20 from Malinau-East Borneo ).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka usaha pertanian dengan menggunakan bahan kimia agro harus diminimalisir atau bahkan dan sebisa mungkin untuk dapat dihindarkan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan penggunaan pupuk organik hayati untuk mengurangi penggunaan pupuk organik yang selama ini sering menjadi masalah ditengah masyarakat petani.

Kehadiran ExtraGren Pupuk Cair Hayati di Kabupaten Lebong diharapkan dapat mendukung sistem pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan. Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mewujudkan pertanian yang ramah lingkungan dengan penggunaan pupuk organik hayati.

Berdasar data dari literature yang ada dari berbagai sumber ExstraGren pupuk cair organik hayati mengandung bakteri-bakteri yang berpotensi dalam memacu pertumbuhan tanaman atau dikenal dengan plant growth-promoting bacteria (PGPR) (Bacterial promotion of plant growth, Glick et al. 2001). Kolonisasi PGPR dengan perakaran tanaman memberikan dampak menguntungkan bagi 2 pertumbuhan dan perkembangan tanaman melalui beberapa mekanisme. Mekanisme-mekanisme tersebut antara lain dengan menghasilkan fitohormon, seperti IAA, giberelin, sitokinin dan etilen, kemampuan fiksasi N2 bebas; melawan patogen 5 dengan mensintesis antibiotik, produksi enzim-enzim, senyawa antifungal dan siderofor yang berperan mengatasi keterbatasan unsur Fe di lingkungan; kemampuan melarutkan mineral fosfat dan nutrisi lainnya; dan memacu tanaman dalam pengambilan nutrisi di lingkungan (The effect of plant growth-promoting 10 bacteria on growth and nutrient uptake of maize in two different soils, ).

Dimana kesemua hal tersebut diatas dapat membantu masyarakat petani untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dengan cara cara yang lebih praktis dan lebih efisien.

Sebagai informasi lebih lanjut untuk masyarakat Kabupaten Lebong dan berbagai pihak terkait yang membutuhkan produk ExstraGren Pupuk Cair Hayati, masyarakat Lebong dan sekitarnya dapat menghubungi Direktur CV. Rio Cinde Anugrah (RCA), Kristoper sebagai Distributor Tunggal dan Rudhy Muhammad Fadhel dengan alamat Desa Talang Liak II Dusun III Nomor 09 Kecamatan Bingin Kuning .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here