Digitalisasi Data, Plt Kadis Kominfo–SP Lebong Hadiri FGD Bersama BPS dan Dukcapil

0
253

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Tujuan digitalisasi tidak lain adalah untuk mendapatkan efisiensi dan optimalisasi dalam banyak hal antara lain efisiensi dan optimalisasi tempat penyimpanan, keamanan dari berbagai bentuk bencana untuk meningkatkan resolusi, gambar dan suara lebih stabil.

Dan tujuan lainnya adalah dari adanya digitalisasi adalah untuk membantu masyarakat dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita.

Hal ini disampaikan Plt Kadis Kominfo-SP Kabupaten Lebong, Danial Paripurna seusai mengikuti Forum Group Discusion (FGD) dengan Tema “Sosialisasi Satu Data Indonesia dan Publikasi Daerah Dalam Angka” yang dilaksanakan atas inisiasi Badan Pusat Statistik Kabupaten Lebong di Hotel Asri pada Rabu (23/03/2022). Untuk dan hal kepentingan tersebut dan dalam rangka percepatan mewujudkan visi dan misi Bupati-Wakil Bupati kepala Pemerintahan Kabupaten Lebong yang menginginkan agar masyarakat Lebong bahagia dan sejahtera.

Rabu, Pemerintah Kabupaten Lebong bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong bersama dengan instansi vertikal lainnya telah melaksanakan FGD.  FGD selain dihadiri oleh Plt Kadis Kominfo-SP, Danial Paripurna juga dihadiri Asisten 1 Setdakab Lebong, Bambang ASB, Kepala Bidang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Edwin. Turut dihadiri juga oleh beberapa perwakilan dari Forkompimda Kabupaten Lebong berikut sejumlah pejabat tehnis yang terkait dari OPD Kabupaten Lebong lainnya.

Dalam pelaksanaan FGD, Danial menyampaikan bahwa peserta diskusi mengupas tuntas hal terkait Satu Data Indonesia (SDI) yang cakupannya lebih luas dengan mengadopsi digitalisasi. Dan terkait itu, tentunya akan sangat lebih fleksibel diantaranya seperti mensinergikan seluruh data yang ada dan tersebar hingga dikelola menjadi satu untuk kebutuhan daerah.

Selain itu menurut Danial Paripurna, bahwa Substansi Sosialisasi Satu Data Indonesia (SDI) dalam dan dengan di FGD yang diselenggarakan juga membahas persoalan publikasi data sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta payung hukum yang menaungi forum Satu Data Indonesia (SDI) ini dalam bentuk Peraturan Kepala Daerah (Perbup). Dimana untuk Kabupaten Lebong saat ini sudah berada di tahapan finalisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here