lebong  

Pelatihan KUBE RPK, Tingkatkan Pembangunan Desa Demi Kesejahteraan Masyarakat

PEWARTA : RUDHY M FADHEL

SELASA 25 JUNI 2019

PORTAL LEBONG – Pemerintah Desa Mangkurajo, Kecamatan Lebong Selatan terus berupaya meningkatkan pembangunan di segala sektor. Tak hanya di bidang infrastruktur bangunan saja, ekonomi, sosial dan Sumber Daya Manusia (SDM) pun terus ditingkatkan demi kesejahteraan dan kemajuan desa. Terobosan itu tak lepas dari kiprah Kepala Desa, M Saeri beserta perangkatnya. Dan bukan hanya di tingkat kabupaten saja, upaya dilakukan sampai ke tingkat provinsi dan pusat untuk pengajuan pembangunan desa.

Pada Selasa (25/6), di Desa Mangkurajo juga diadakan pelatihan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Rumah Pangan Kita (RPK). Kegiatan langsung dihadiri pihak Dinas Sosial Provinsi Bengkulu yang didaulat sebagai narasumber. Kegiatan yang bertujuan untuk melatih kelompok penerima manfaat terutama anggota penerima PKH agar bisa menambah pendapatan  keluarga.

”Melalui kegiatan latihan usaha yaitu berjualan sembako yang bekerja sama dengan Bulog dengan  Barang yang dijual berupa sembako yang diantaranya beras, terigu, minyak goreng dan gula pasir serta lainnya. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga sehingga KPM tersebut bisa lepas secara mandiri dari kategori miskin,” kata kades Mangkurajo, M Saeri.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas PMDSos Kabupaten Lebong, Reko haryanto S.Sos, M.Si melalui Kabid Pelayanan Sosial, Jimi Tri Susilo S.STPi. Didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Dr. Iskandar ZO, SH, M.Si yang diwakili oleh Kasi Penanganan Pakir Miskin,  Muhsin Mubarak, S.AP dan anggota PKK Provinsi Bengkulu, Danis Tuti serta Hambali dari Bulog.

Disampaikannya, bahwa pelatihan keterampilan KUBE RPK di Kabupaten Lebong tersebar di dua kecamatan yaitu Kecamatan Lebong Selatan dalam hal ini Desa Mangkurajo yang terdiri dari 3 KUBE yakni KUBE RPK dari Desa Mangkurajo, Desa Sukasari dan Desa Kota Donok. Sedangkan di Kecamatan Lebong Sakti yakni Desa Sukabumi, Magelang Baru, Desa Lemeu Pit.

”Pelaksanaan pelatihan di Lebong Selatan dipusatkan di balai Desa Mangkurajo. Sementara di Kecamatan Lebong Sakti dipusatkan di balai Desa Sukabumi. Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari dimulai dari hari selasa (25/6)  hingga Jumat (28/6) yang akan datang,” pungkasnya.(adv)

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *